Hamil Dan Liputan

Ini sih sebenernya cerita beberapa bulan lalu sih, tahun lalu, pas gue masih hamil. Sekarang udah lahir yeah. Tapi tetep gue ceritain ajalah ya. Soalnya penting. Biar nanti kalo anak gue udah gede, dia tau emaknya gimana pas hamil. Haha. Pamrih kan gue?

(Becanda becanda)

Kalau kata Pidi Baiq, waktu akan membuat kita lupa, tapi yang kita tulis akan membuat kita ingat. Seperti itu.

Ceritanya agak panjang nih. Soalnya adegan selama kurleb seminggu gue rangkum jadi satu. Siapin cemilan sebelum baca ya :))

Jadi ceritanya selama hamil gue tetep liputan beberapa turnamen. Diantaranya Singapore Open Super Series (tapi ini nggak sadar kalo udah hamil 2 bulan wkwk), Asia Junior Championships, World Junior Championships, Indonesia Open Super Series Premier, emm apalagi ya? Ya dan lain-lain lah, gue lupa persisnya dan males juga buka catetan.

Gue juga tadinya harus liputan Sudirman Cup di Gold Coast, Australia, tapi kan ada kejadian gue flek dan mesti dirawat ya bok. Yaudah akhirnya nggak jadi.

Terus selanjutnya gue dijadwalkan liputan World Championships di Glasgow, Skotlandia, tepatnya 21-27 Agustus 2017. Visa, akreditasi, tiket, hotel semua udah beres. Gue berangkat bareng atlet dan ofisial tanggal 17 Agustus 2017 jam 18.45 WIB. Naik KLM. Rute perjalanannya Jakarta-Kuala Lumpur-Amsterdam-Glasgow.

Persiapannya mateng banget sih. Kaki gue yang waktu itu membengkak sampe naik 3 nomor sepatu (40 jadi 43 coy) juga udah gue antisipasi. Gue dibekelin parem jahe bungkus kecil-kecil yang udah divakum. Jadi rencananya tiap malem gue akan berendem garem dan dibalurin jahe sebelum tidur. Lauk-lauk kering juga udah gue bawa, in case di Glasgow gue nggak kuat jalan jauh buat beli makan. Lengkaplah.

Nyampe di bandara gue check in bagasi, antrian orang-orang udah panjang banget. Ketemu deh sama atlet-atlet yang mau berangkat tanding. Gue dengan doweng-doweng berperut besar, langsung nemplok ke tim yang udah di depan counter check in, biar nggak antri dan bagasi nggak misah sama tim maksudnya.

“Mba Naf, lo serius liputan? Udah gede gitu perutnya? Nggak papa emang? Yakin lo?,” kata Ci Butet.

“Hehe, nggak papa ci,” ngringis.

“Yakin mba? Aduh saya inget istri saya. Dia di rumah aja saya khawatir mba,” kata Owi. Michi, istrinya, hamil beda 3 minggu kalo nggak salah sama gue.

“Insya Allah bang haha,” kata gue.

Sejujurnya, malem sebelum berangkat gue mulai kram-kram kaki. Cuma karena sejak hamil 5 bulan gue udah suka kram, jadi gue pikir, ah sehari dua hari juga udah enakan kaki gue. Jadi gue nggak terlalu pusing. Tapi karena ditanyain banyak orang, lah ngapa gue jadi grogi haha.

Beres check in, coach Irwansyah a.k.a Bang Aboy, yang istrinya juga lagi hamil, beda 2 bulan sama gue, juga agak-agak khawatir. Beberapa kali dia nawarin bantuan.

“Mba Naf nggak papa nanti tas kameranya saya aja yang bawain,” kata bang Aboy.

“Wah jangan lah bang Aboy, udah biasa kok,” beneran nggak enak lah gue, masa barang gue digotong-gotong sama pelatih.

“Nggak apa, istri saya kan juga lagi hamil. Siapa tau di sana (istri bang Aboy lagi mudik ke Inggris) istri saya butuh bantuan juga. Kalau nggak ada yang bantu kan kasian. Jadi nggak papa saya bantu, buat istri saya juga,” bang Aboy baik beut orangnya. FYI, dia juga yang bantuin gue bolak-balik rumah sakit pas di Vietnam (bok demen amat gue nyobain rumah sakit di luar negri) haha. Tentang Vietnam ntar gue ceritain menyusul.

“Iya bang, nanti kalau saya nggak sanggup dan mau pingsan saya titip tas ya,” sambil becanda ngomongnya, tapi serius juga, ceritanya buat booking pertolongan hehe.

Beres check in, gue keluar lagi nemuin suami gue. Kram kaki gue makin berasa dan gue jalan mulai berat gitu, sesek napas banget rasanya buat narik kaki melangkah. Tapi gue tetep selow aja karena, ah kayanya bentaran lagi juga sembuh. Untuk mengantisipasi biar nggak tambah parah dan simpen energi, suami gue akhirnya minta wheelchair ke counter KLM. Khawatir juga dia kayanya. Gue pake wheelchair dari luar sampe boarding. Di situ udah mulai mellow. Huhu, cepet sembuh dong kaki.

Jalan liputan pas hamil gede gini, jangan bilang suami gue nggak ngelarang. Dia kurang setuju sebenernya. Tapi karena udah tugas dan gue drop sedih berkepanjangan waktu nggak jadi berangkat liputan ke Gold Coast, dia pikir yaudah nggak papa. Hitung-hitung liburan.

“Biar kamu nggak stress, nggak bisa kemana-mana selama hamil. Yang penting sehat dan jaga diri,” kata dia.

Begitu.

Bla bla bla, singkatnya gue udah di pesawat nih kan. Oh iya, sebelum terbang juga gue konsultasi sama dokter kandungan gue. Kondisi gue dinyatakan sehat, janin sehat dan boleh terbang. Dokter cuma ngingetin karena gue perjalanan panjang, jadi sering-sering stretching, berdiri dan jalan ke lorong-lorong biar nggak kram.

Yaudah dong. Begitu beres take off, gue mau coba jalan-jalan di lorong. Lepas seat belt, tapi tiba-tiba, teooott. Kaki gue kok nggak bisa gerak. Kaya lumpuh rasanya. Dari pinggang ke bawah nggak bisa gue gerakin. Tapi pinggang ke atas normal aja. Gue rasa-rasain kaki, tetep berasa, artinya nggak kebas gitu, cuma gue nggak bisa gerak. Sumpah di situ gue keringet dingin dan takut stroke (agak berlebihan ya bayangannya). Bayangan gue udah yang enggak-enggak aja waktu itu.

Di tengah ketegangan gue, tiba-tiba gue kebelet pipis dong. Jadi mau nggak mau gue harus ke toilet. Kursi gue kalau nggak salah sekitar 6 baris di depan toilet. Gue akhirnya coba buat gerakin pelan-pelan. Mau berdiri aja rasanya susah banget. Beneran susah dan berasa kaya lumpuh. Beberapa kali gue coba bangkit dari kursi tapi akhirnya keduduk lagi. Penumpang yang duduk di samping gue sempet nanya dan nawarin bantuan. Tapi ya gue bilang nggak papa, kram doang. Pelan-pelan gue berdiri dan itu rasanya kaya susah banget buat mengumpulkan kekuatan. Gue jalan kaya pake kruk, tongkat yang nempel di ketiak gitu, tapi ini bertumpu sama pegangan kursi orang di kiri kanan sampe ke belakang. Mulai panik. Bok ini kenapa ya? Nggak pernah kaya gini sebelumnya.

Masuk ke toilet, gue kunci pintu, tiba-tiba bruk, gue ambruk bener-bener nggak bisa berdiri. Kaki gue lemes, nggak bisa gerak sama sekali. Kaget banget rasanya karena jatuh keduduk gitu, gue takut pengaruh ke baby waktu itu. Gue selonjoran di dalem toilet pesawat yang sempit. Untuk mindahin kaki aja gue pake tangan. Udah lah lemes semua rasanya. Mau nangis, mau teriak. Tapi gue duduk di pesawat baris depan sendirian, kepisah dari tim. Mereka semua duduk di belakang. Gue sempet nanya nomor kursi mas Gyon (fisioterapis tim) sama mang Acep (masseur tim) sih sebelum naik, in case gue butuh bantuan mereka (belakangan gue baru ngeh kalau pak Budi manajer tim Indonesia, duduk persis di belakang gue).

Gue udah bilang ke mas Gyon, kalo-kalo gue butuh bantuan karena kaki gue kram. FYI, istri mas Gyon sama gue juga usia kandungannya sama (musim hamil).

Balik lagi ke adegan di kamar mandi. Nonton Kill Bill yang vol 1 nggak sih? Yang Uma Thurman (kalo nggak salah) abis koma dan dia masih lumpuh gitu nggak bisa jalan. Buat ngegerakin jempolnya aja dia butuh waktu berjam-jam. Nah. Itu sih kurang lebih yang gue rasain.

Sambil (mulai) nangis-nangis bingung, gue mencoba mendorong kaki gue ke sudut-sudut toilet, terus gue cari pegangan untuk berdiri dan duduk di atas closet duduknya. Ada kali 10 menit gue di dalem toilet buat berusaha bangun. Ya Allah rasanya bener-bener putus asa.

Setelah beberapa kali jatuh, gue berhasil duduk di closet untuk buang air kecil dulu (kan kebelet tadi). Habis itu gue mau coba bangun dan balik duduk ke bangku, baru (rencananya) minta bantuan pramugari.

Tapi karena udah nggak sanggup, gue akhirnya mencet tombol darurat. Pramugari masuk.

“Kenapa? Ada yang bisa dibantu,” pramugari KLM. Ini percakapannya pake bahasa Inggris yang gue Indonesia-in ya (harus banget dijelasin?).

“Saya nggak bisa jalan, kaki saya kram, saya lagi hamil, tolong bantu saya balik ke kursi,” sambil nangis tapi berusaha tegar.

“Yaudah saya bantu papah ya,”

Dia coba angkat gue dan gue juga berusaha bangun. Tapi gue sama sekali nggak bisa bergerak.

“Saya bantu anda, tapi tolong anda juga berusaha untuk bangun,” kata pramugarinya setelah beberapa kali dia nggak berhasil bantu gue bangun. Karena dia pikir gue nggak ada usaha bangun kali ya? Padahal gue bener-bener nggak bisa gerak sedikit pun.

Dan pastinyaaa, di depan toilet udah banyak yang antri. Secara kan ya, di dalem aja gue ada kali 10 menit lebih nggak keluar-keluar. Dan pada penasaran juga kali kenapa ini gue nggak keluar-keluar, plus disamperin pramugari.

Akhirnya, dipanggillah satu pramugara buat bantu gue lagi. Terus gue bilang, “Saya nggak bisa bangun sama sekali, kaki saya kaya lumpuh,”

“Jalan dipapah bisa nggak? Kursi anda kan nggak terlalu jauh,”

“Nggak bisaaaaaa….,” gue mulai emosi. Rasanya antara takut stroke atau lumpuh permanen, sedih, capek dan kesel, jadi satu. Takut banget.

Akhirnya gue dibawain kursi roda khusus yang super kecil, muat di lorong-lorong kursi pesawat, gue diiket dan didorong ke bangku gue. Di situ semua orang like, what happen what happen? Bule bule pada kepo juga ternyata.

Begitu duduk beberapa pramugari dateng buat nanyain kondisi apakah gue baik-baik aja. Gue ceritain lah kalo gue hamil dan kram, tapi yang lumpuh nggak bisa jalan ini baru kejadian sekali.

“Mau dicarikan dokter? Semoga ada dokter yang ikut penerbangan ini,” kata mereka.

“Yes please,”

Nggak berapa lama, diumumin di dalem pesawat, untuk nyari dokter yang ikut dalam penerbangan ini. Ternyata ada dua dokter yang lagi terbang di KLM. Satu dokter dari Amsterdam, satu dokter dari Jakarta.

Menurut dokter bule, kemungkinan gue kurang asupan, kurang gula, karena gue terakhir makan nasi pas jam 12, makan siang. Sementara itu udah jam 7 atau 8 malem. Akhirnya gue dikasih 3 sandwich dan 2 kaleng coca cola.

“Dok saya nggak mau minum soda,” kata gue.

“Nggak papa. Kamu sepertinya kurang gula. Makan yang banyak dan minum sodanya, biar gulanya naik,” kata dokter bule.

“Dok gimana dong saya nggak mau minum soda,” ngomong pake bahasa Indonesia ke dokter Jakarta. Berharap mendapat dukungan. Karena sejak hamil gue sama sekali nggak minum soda.

Dokter Jakarta itu kaya ngasih isyarat, udah minum aja. Dia nggak enak juga kali ya kalo langsung kontra ke dokter lain.

Akhirnya dengan penuh rasa bersalah, tapi berharap bisa jadi sembuh, gue minum dah itu 2 kaleng coca cola.

Dokter-dokternya balik ke bangku masing-masing, tapi pramugari masih bolak-balik mastiin keadaan gue.

“Udah mendingan?” katanya.

“Nggak ada perubahan,” emang gue merasa nggak ada perubahan, bahkan kaki gue berasa makin kaku kayanya.

Si pramugarinya mulai waswas pas gue bilang gitu. “Anda turun dimana? Di Malaysia atau ikut terbang ke Amsterdam. Tujuan akhir anda kemana?”

“Saya mau ke Glasgow, transit Amsterdam,”

Pramugari itu akhirnya diskusi dengan petugas penerbangan lain yang gue nggak tau jabatannya apa. Menjelang landing di Kuala Lumpur, pramugarinya nyamperin gue.

“Kondisi anda tidak memungkinkan untuk melanjutkan penerbangan. Karena tidak ada perubahan dari kondisi sebelumnya. Anda bahkan tidak bisa berdiri. Kami khawatir akan terjadi sesuatu kalau anda melanjutkan 14 jam perjalanan ke Amsterdam. Resikonya besar,” kata mereka.

Deg. Gue saat itu bener-bener bingung. Takut. Pengen nangis. Nggak enak juga. Takut kondisi baby gue terpengaruh dan semakin buruk. Pengen nangis karena nggak tahu harus apa. Nggak enak sama boss gue, karena kalo gue batal ke Glasgow, artinya udah dua kali juga gue batal liputan tiba-tiba. Sebelumnya gue batal ke Gold Coast karena flek pas hamil muda.

Dimana gue akan merugikan sponsor gue, timnas, berita-berita dan foto-foto buat web gue dan media di Indonesia bisa bubar jalan (mikirin kerjaan banget). Campur aduklah. Serba salah.

“Nanti di Kuala Lumpur saya bantu untuk bertemu petugas darat dan mengatur masalah tiket anda,” kata pramugarinya lagi.

Transit di Kuala Lumpur gue diturunin pake wheelchair dan ditanganin petugas darat KLM. Sebelumnya gue udah pamit sama manajer tim dan mereka meyakinkan gue untuk periksa kondisi dulu dan nggak usah mikirin kerjaan.

Gue ditanyain sih, bisa nggak sendirian di KL. Karena udah merasa bersalah dengan keambrukan ini dan biar nggak nambahin beban tim, gue bilang aja, bisa pak, bisa koh. Padahal mah gue blank sama sekali harus apa.

Dalam kondisi masih sakit dan nangis juga (nangis sakit sama nangis nggak enak) gue dibawa ke kantor KLM. Gue juga sambil mikir, bok di KL gue bergantung sama siapa ya? Nggak punya temen di Malaysia, sedih abis. Gue kontak suami gue (dan gue sempet emosi jiwa sih, pas dia susah dihubungi karena lagi ketemu temen-temennya, hhh), dia akhirnya nyariin orang buat bantu gue di KL. Gue juga kontak keluarga di rumah, bilang nggak jadi terbang ke Glasgow. Nggak usah panik, I’m Okay (padahal degdegan). Adek gue juga nyariin temen-temennya yang mungkin ada di KL. Tapi berhubung itu udah tengah malem, kaya, men… susah lah nyari orang yang masih bangun buat ke bandara. Ngontak boss gue juga yang di Jakarta.

Pertama-tama gue dianter ke klinik bandara. Di sana gue di cek dan katanya harus ada pemeriksaan lanjutan ke lab di rumah sakit. Mereka juga nggak tau kenapa tiba-tiba gue macem lumpuh gitu. Gue dikasih surat rujukan.

Gue tadinya mau minta terbang balik ke Jakarta. Tapi karena gue nggak bisa jalan, gue nggak diizinin terbang. Gue minta bookingin hotel di bandara, penuh semua karena pas banyak tamu SEA Games. Waktu itu rasanya bener-bener nggak konsen antara nahan sakit sama bingung bok terdampar sendirian.

Gue sempet mau ngontak orang BWF karena kantor BWF kan di KL ya. Tapi mereka semua kan ke Glasgow. Terus nelfon orang BAM (badminton Malaysia) yang gue kenal, dia lagi di Kuching apa dimana gitu gue lupa. Yang nggak mungkin banget jemput ke KL tengah malem.

Dan OMG harus banget gue ceritain. Di tengah huru-hara gue urus tiket, urus bagasi, ke klinik dll (menggunakan kursi roda) GUE KEBELET PIPIS AGAIN. Namanya bumil, pasti banget beser menghantui hidup. Berhubung petugas yang dorong kursi roda gue cowok, akhirnya gue dititipin ke ibu-ibu India petugas kebersihan kamar mandi. Mereka berdua bantuin angkat gue dari kursi roda ke closet dan balik lagi. Gue di kamar mandi ditungguin mereka sambil nangis. Terus mereka baik banget bilang, “Its okay. Jangan menangis nanti babynya sedih juga. Yang penting kamu sehat. Ini kita bantu,” makin lah gue mewek, dibantu sama orang yang bener-bener tulus. Hiks.

Terus petugas cowok yang dorong gue (I know dia bukan muslim karena dia pake identitas agama lain) tapi dia bilang, “Istighfar kak, doa yang banyak. Jangan sedih. Tuhan yang bantu,” malah deseu yang ingetin gue buat istighfar. Huhu.

Petugas darat KLM di KL itu nggak banget. Nggak memberikan bantuan dan lempar gue kesana-kemari. Petugas bandara KL juga nggak banget (Kecuali mas-mas yang dorong kursi roda gue dan ibu-ibu cleaning service). Ble’e-ble’e dan nanya gue mulu harus ngapain. BOK MANA GUE TAU. INI AJA GUE GAMAU TURUN DI SINI. SEBEL. Ambil bagasi dilempar dari satu konter ke konter lain. Udah mana beberapa lorong bandara KL lagi perbaikan, jadi naik kursi roda gajluk-gajlukan dan berdebu. Super menyedihkan.

Singkat cerita gue akhirnya dijemput sama orang yang sealmamater sama suami gue dulu pas kuliah, yang bahkan suami gue nggak kenal sama deseu. Jadi suami gue waktu itu minta tolong ke grup alumninya yang tersebar di beberapa negara. Dan dapetlah bapak itu. Bapak-bapak anaknya udah dua, dan kerja di Malaysia. Namanya Pak Iman kalau nggak salah.

Pak Iman baik banget karena nungguin gue yang harus memproses bagasi gue yang harus diturunin, lapor maskapai bla-bla-bla sekitar 2 jam.

Tadinya gue mau dibawa nginep ke apartemen Pak Iman. Istrinya udah siapin kamar katanya. Tapi karena gue takut malah ngerepotin dengan ke-nggakbisagerak-an gue ini, akhirnya gue minta langsung didrop ke rumah sakit aja. Gue dianter ke Pantai Hospital Kuala Lumpur.

Selama perjalanan dari bandara ke rumah sakit, gue nggak tau lah itu mau dibawa kemana. Bok kalo mau berpikir negatif, itu suami gue bahkan nggak kenal sama bapak-bapak itu, beda angkatan mereka jauh soalnya. Udah pasrah aja sambil zikir terus, gue cuma pengen ke rumah sakit terus balik terbang ke Jakarta. Alhamdulillah dipertemukannya sama orang yang baik banget.

Pak Iman bantu gue untuk proses administrasi. Dia bahkan nalangin DP rumah sakitnya dulu karena gue nggak mampu bangun urus-urus perduitan. Dari malem sampe jam 5 pagi Pak Iman stand by, sampe gue dapet kamar.

Dia akhirnya pamit pas jam 6 pagi, mau anter anaknya sekolah dulu katanya, baru nanti ke rumah sakit lagi. Belakangan gue baru tau ternyata hari itu akhirnya dia bolos kantor karena super ngantuk nggak tidur ngurusin perumahsakitan. Huhu. Nggak enak banget rasanya.

Di Jakarta, suami gue langsung booking tiket ke KL penerbangan pertama, besok paginya. Rencananya dia mau jemput gue aja terus langsung pulang. Ternyata sama dokter gue nggak boleh langsung balik karena nggak ketahuan apa sakitnya dan gue masih belom bisa gerakin kaki samsek.

(Curhat lagi. Jadi rencana awalnya kan suami gue mau PP Jakarta-KL buat jemput doang, jadi dia markir mobil di bandara. Ternyata gue harus dirawat sampe 5 hari. Akhirnya tagihan parkir mobil doang sampe sejuta dong 😦 Sad abis nggak sih, sejuta buat parkir doang. Nggak rela tapi ya mo gimana gitu kan ya)

Gue dirawat sampe sekitar 5 hari di KL dan dicek beberapa dokter. Dokter umum, dokter kandungan, dokter syaraf, dokter jantung, entah berapa dokter bolak-balik visit gue. Tes darah sampe 5 kali sehari, tes syaraf disetrum-setrumlah, cek jantung gue dan jantung bayi, segala macem dicek semua.

20914216_10213820384162443_3861937684413018793_n

Katanya kemungkinan karena potasium gue drop dan gue seharusnya nggak banyak makan gula (dimana pas di pesawat gue malah dijejelin gula karena disangka lemes telat makan). Dan ada beberapa kondisi lain yang bikin gue akhirnya drop. Tapi alhamdulillah, kondisi bayi gue waktu itu aman tak terpengaruh.

Kalau boleh memberikan penilaian, dokter di KL menurut gue oke banget sih. Mereka menjelaskan dengan detail dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ngasih tau juga beberapa alternatif solusi dari masalah gue. Bener-bener dibikin nyaman. Hmm thats why banyak orang Indonesia yang milih berobat keluar negri kayanya ya. Karena pelayanannya memuaskan. Gue soalnya pernah dirawat di Indonesia tapi pas visit dokternya kaya cuma basa-basi memenuhi jadwal visit gitu. Kaya berasa banget bedanya  (sepengalaman gue ya).

Tapi kalau masalah perawat, hmmm perawat Indonesia nggak ada duanya. Lebih care dan bekerja sepenuh hati sih menurut gue. Di KL kemaren itu beberapa perawatnya gradak-gruduk, nggak halus dan pernah dong ada yang nyolot. Zzz.

Di KL dijenguk sama temen-temen suami gue yang dulu sama-sama kuliah di Jerman, terus dijenguk temen kuliah pas di Bandung. Dan juga dijenguk mba Widya sama mas Dhonny yang mau liputan SEA Games. Haha. Malah ngumpul di rumah sakit.

Iya, jadi kan Kejuaraan Dunia 2017 sama SEA Games bentrok tuh. Setelah dibagi-bagi tugas, gue dapet yang Kejuaraan Dunia. Karena waktu itu mikirnya, wakil Indonesia lebih sedikit dan hari pertandingannya lebih pendek, dibanding SEA Games yang bisa dari pagi sampe malem liputannya. Eh ternyata oh ternyata, gue tumbang.

Begitulah. Sedih sih udah plan liputan ini itu, nulis ini itu, tapi akhirnya malah nggak jadi berangkat. Mungkin emang disuruh istirahat aja. Yang penting bayinya sehat dan sekarang sudah lahir kyaw~ Alhamdulillah.

Hasil pertandingannya waktu itu Bang Owi sama Ci Butet juara. Juara dunia. Hmm, seperti itu. Dan gue nggak dapet fotonya. Hmm, baiiqquee.

“Nggak jadi deh lo ya liat gue juara kemaren,” kata ci Butet pas ketemu lagi.

“Iya cii, padahal udah jalan yaa. Dikit lagi ituu,”

“Kita denger tuh pas pengumuman di pesawat yang cari dokter. Gue kira waduh siapa tuh yang sakit, ternyata elu ya? Yaampun. Yang penting sehat mba, nggak papa. Kerjaan mah bisa dihandle yang lain,” kata ci Butet, andalanque.

Ceritanya menyebar dan jadilah setelah itu gue ditanyain orang mulu tiap ke kantor, tentang keambrukan gue di KL. Bahkan gue ada ketemu orang yang baru kenal, dan dia bilang, “Oh jadi ini mba Naf yang nggak jadi liputan, karena drop di KL ya? Gimana babynya,” bla bla bla, bok ini ceritanya tersiar sampe mana sih ya. Tapi lumayan lah jadi bahan pembicaraan sama orang yang baru kenal. Walaupun nggak asik banget ketahuan lemah.

Begitulah lalalili liputan (gagal) gue pas hamil kemaren. Gue lumayan melow karena ngerasa kok lemah banget ya bok. Gue tidak menyangka, kehidupan strong gue selama ini ngacir bolak-balik kesana-kemari sendirian, tak berpengaruh pas hamdun. Lemah coy. Masih banyak sih sebenernya cerita lain, tapi gue udah pegel nulisnya. Jadi yaudah nanti-nanti aja. Bye~

(Btw ini pembahasan gue tampak tidak rapi dibaca ya? Abisan ini nulisnya sambil reka adegan kejadian tahun lalu, sambil dipotong-potong biar yaudah sih nggak usah semua diceritain. Males kali bacanya) Nanti lah gue edit, kalo ada niat.


2 thoughts on “Hamil Dan Liputan

  1. Perjuangan banget ya kak jadi ibuk sejati, aku juga udah punya dua anak cewek, dua duanya aku tungguin pas lahiran normal, wuih serasa mau sobek bajuku di tarik tarik calon ibunya jabang bayi

  2. Aakkk akhirnya ada artikel baru di blog mbak Naf. Ya Alloh mbak…g kebayang takut dan paniknya waktu kaki nya g bs digerakkin ituuu.emang hamil itu penuh perjuangan ya mbak.tp beneran br sekali ini denger sampai g bs gerak gt kakinya.sehat2 ya mbak

Leave a comment