Jalan Bareng Aset Negara

Kerja di lingkungan adik-adik dan kakak-kakak atlet lucu dan berbakat ternyata nggak bikin gue serta merta asik aja sekenanya sama mereka, bisa deket dan lala-lala bareng. Soalnya, deket-deket mereka kadang malah bikin gue worry sendiri. Apa? Apa yang membuat gue worry?

Pertama, mereka lucu-lucu, gue jadi khawatir akan berpaling dari Tom Felton atau Kim Hyun Joong. Jadi ya gitu, harus kuat iman (aposeh).

Kedua, bok ini yang kedua penting banget. Gue berjalan dengan aset negara. Pahlawan bangsa yang akan berjuang di lapangan. Baek-baek deh deket-deket mereka. Salah-salah kalau terjadi sesuatu, gue langsung dihapusin status kewarganegaraannya. Karena merusak aset bangsa. Wakdezig!

Sebagai fotografer, atau istilahnya kuli panggul kamera dan tukang foto-foto, pasti banget lah bawaan gue segambreng-gabreng. Body kamera, lensa segaban-gaban, flash, charger, alat bersih-bersih kamera, laptop beserta keluarganya, kaber-kabel, gembok laptop dan ribuan perangkat lainnya, mesti banget selalu ada di samping gue. Di samping gue. Nggak boleh jauh-jauh.

FYI, berat tas kamera gue kosongan aja bisa 4 kg sendiri, ditambah barang seabreg-abreg bisa 14 kg lebih (pernah sampe 17 kg, nggak tau isinya apaan).

Jadi kalo gue naik bus dipanggul bareng, naik pesawat masuk ke kabin, ke hall yang tingkat-tingkat ya harus dibopong. Untuk ukuran badan gue yang langsing singset dan menawan (ngarep!) ditambah fitrah gue sebagai seorang wanita yang lemah lembut, beban segitu lumayan PR juga ya bok. Kalo nggak stretching, salah-salah gue bisa encok. Kalau enggak encok, tangan gue sengklak. Dan itu udah beberapa kali terjadi, tangan sengklak sungguh menyakitkan. Tapi tetep hati bahagia.

Nah, di posisi inilah datang hati-hati putih suci dan penuh keikhlasan.

“Mba, tas lo gede amat, sini gue bantu,”

“Mba koper sama badan lo gedenya sama, kuat bawanya?” <– Kalo yang ini antara mau nolongin sama ngatain ya beda-beda tipis lah.

“Mba ini bawa tas raket gue aja, lebih ringan, koper lo biar gue yang bawa,”

“Jangan sok tegar sama sok kuat deh, sini gue aja yang bawa. Bawa apaan aja sih lo, ribet banget, bawa barang jangan banyak-banyak makanya” <– Kalo yang ini kagak tau kerjaan gue kayanya, disangka gue nebeng liburan doang kali haha

“Kakak, sini aku aja yang naikin di atas bus, kamu naik duluan gih,”

“Mba sini saya aja yang bawa, mba Nafnaf duluan aja masuk bus,”

“Sis, perlu bantuan?” <– Yang begini fix basa-basi aja sih

“Sis saya bantu ya? Bantu doa” Oke baiklah =))

Dan berbagai macam bantuan yang ditawarkan, mungkin kasian kali ngeliat gue rempong, pake ransel dan gerek koper kamera seberat (cintaku padamu) apaan tau.

Set set set…dengan tangkas dan penuh tanggung jawab langsung gue tangkis.

“Waduh waduh, nggak usah bro, gue kuat kok, sono duluan aja,”

Atau biar keliatan keren gue jawabnya, “Tenang, walaupun gue langsing, kekuatan gue melebihi agung herkules kok haha,”

Bok, yamasa iya gue membiarkan tangan-tangan ganteng nan lucu mereka membawa barang-barang ini. Kalo mereka cedera terus nggak bisa main, terus target negara nggak tercapai, matilah gue. Turut berkontribusi dalam kegagalan negara. Kegagalan negara. Gimana bisa coba? Orang cita-cita gue aja pengen dapet nobel perdamaian, eh ini malah menghancurkan reputasi bangsa (Ok, too much information).

Begitulah.

Belom lagi kalo gue misalnya lagi makan sesuatu, “Mba itu apa? Bagi dong laper,”

Ya bukannya gue pelit, cuma makanan gue kadang tidak terakreditasi sehat apa nggak nya buat atlet, “Yah ini ada es nya, besok kan lo main, ntar sakit perut lagi, nggak usah yaa,”

Dengan berbagai reaksi yang diberikan, mendingan gue jadi common enemy deh dari pada ujung-ujungnya gue terlibat dalam kegagalan mereka.

Atau misalnya ada yang abis tanding terus ngajak makan, “Udah makan belom? Ntar bareng ya, belum makan nih laper,”.

“Yah kerjaan gue masih banyak, gue makan jam 9 malem nanti kayanya, lo duluan aja, ntar jam tidur berkurang lagi, kan besok mau main,”.

Serba takut, serba salah dan serba menghindar kalo lagi pertandingan haha. Jadi yaa, kita jauh-jauhan aja dulu ya.

Untuk menjaga konsentrasi atlet, kita juga harus tau-tau waktu. Jangan ajak mereka ngobrol sebelum mereka bertanding. Kalo kebetulan papasan pun diusahakan jangan berkomunikasi, gue malah lebih sering menghindar, muter cari jalan lain (Yaelah ribet amat buk). Sekedar kasih semangat sebelum tanding juga nehi deh, karena banyak faktor yang bisa mengganggu konsentrasi mereka. Mendingan ntar aja kalo udah beres.

Karena yaa itu, tipe atlet kan beda-beda ya, ada yang selow aja, pemanasan biasa dan masih bisa diajak komunikasi, ada yang kalo lagi pemanasan perlu fokus dan nggak boleh sama sekali terganggu, ada juga yang pemanasan santai tapi habis itu ada ritual mendengarkan lagu klasik selama beberapa menit tanpa boleh diganggu sama suara apapun, untuk meningkatkan konsentrasi. Macem-macem lah. Jadi kalo mau lalala lilili, abis pertandingan aja gimana?

Eiits, ntar dulu.

Abis tanding juga harus bisa liat-liat sikon. Kalo pada menang mah masih bahagia-bahagia aja, nah kalo kalah, heemmm.. Dari pada dijutekin karena emosi masih labil, masih dengan trik yang sama, mendingan menghindar deh. Nggak usah sok-sok nenangin, karena nggak ada yang bisa mengerti kondisi mereka selain diri mereka itu sendiri (sotoy bergejolak).

Begitulah. Berjalan dengan aset negara itu menyenangkan, membanggakan, tapi kadang mengkhawatirkan juga. Well, yang pasti ya harus tau diri aja pokoknya.

image(1)
Bareng kak Chibi, di Denmark

 

 

 

 

 

 

image(8)
Hattrick All England, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
image(5)
Perunggu Kejuaraan Dunia 2014 di Denmark, Tommy Sugiarto
image(2)
Medali emas Asian Games, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Korea, yeay
image(4)
On the way to stadium, bareng koh Simon Santoso, di India pas Thomas & Uber Cup 2014
image(3)
Sebelum pertandingan, All England 2014, bareng Berry, Irfan dan Jordan

5 thoughts on “Jalan Bareng Aset Negara

  1. Kak Nafff…sumpah IRI BERAT sama kerjaannya T.T banyakin blog ttg pengalaman pas liputan diluar dong, side story atletnya mungkin. Oh iya info2 dong kalo ada lowongan disitu.heheheh

Leave a Reply

