Empat Ganda Putri Terganjal Diskualifikasi

Perjalanan Olimpiade London 2012 cabang olahraga bulutangkis memasuki fase akhir. Di sektor ganda putri, pertandingan telah memasuki babak 16 besar. Namun sayang, empat ganda putri justru harus terganjal diskualifikasi oleh federasi bulutangkis dunia.

Wang Xiaoli/Yu Yang dari China, pasangan Korea Kim Ha Na/Jung Kyung Eun dan Kim Min Jung/Ha Jung Eun, serta Meiliana Jauhari/Greysia Polii dari Indonesia, akhirnya harus keluar dari pertandingan tingkat dunia yang berlangsung di Wembley Arena, London.

Hal ini disampaikan lewat konferensi pers yang dilangsungkan oleh BWF, Paisan Rangkisitpho (Deputy President) dan Thomas Lund (COO), pada Rabu (1/8), sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

“BWF memutuskan bahwa keempat pasangan ganda putri telah didiskualifikasi dari cabang bulutangkis Olimpiade London 2012. Tim Indonesia dan Korea sudah menyatakan banding atas keputusan ini. Keputusan hasil sidang banding ini akan diumumkan beberapa jam kedepan,” ujar Thomas.

Keempatnya dinyatakan terlibat dalam manipulasi hasil pertandingan dengan sengaja mengalah untuk mengatur strategi pertemuan lawan. Hal ini terjadi pada babak akhir penyisihan grup, dimana Wang/Yu diduga sengaja mengalah atas Kim/Jung agar tidak bertemu rekannya sendiri, Tian Qing/Zhao Yunlei.

Sedangkan Meiliana/Greysia dan Kim/Ha sama-sama ingin mengalah agar tak bertemu unggulan pertama, Wang/Yu yang pada akhirnya hanya menjadi runner up grup A. Keempat pasangan ini sebetulnya sudah memiliki tiket ke babak perempat final.

Pemain tertuduh dianggap melanggar code of conduct pasal 4.5 dan 4.16 yaitu “tidak bersungguh-sungguh untuk berusaha memenangkan pertandingan’ dan ‘bertingkah laku menghina dan merusak reputasi bulu tangkis’. (Nafielah, foto: Tribun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s