Cabut Banding, Indonesia Dukung Perbaikan Sistem

Tim Indonesia akhirnya mencabut banding yang diajukan kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), menyusul putusan diskualifikasi pemain ganda putri, Meiliana Jauhari/Greysia Polii, di Olimpiade London 2012. Ini berarti Indonesia menerima hasil dicabutnya hak Meiliana/Greysia untuk meneruskan perjuangannya di Wembley Arena, London.

Kami menerima keputusan ini dengan berbesar hati dan mencabut permohonan banding. Kami akan mereview ke dalam serta melakukan langkah-langkah strategis serta mengusulkan ke BWF untuk mengubah sistem pertandingan yang ada,” ujar Djoko Santoso, Ketua Umum PB PBSI, seperti dilansir dari website PBSI.

Meiliana/Greysia menjadi satu dari empat pasang ganda putri yang harus berhenti bertanding, karena dianggap tidak bermain dengan serius dan bertujuan merekayasa pertemuan dengan lawan. Pasangan lainnya adalah Wang Xiaoli/Yu Yang asal China, serta Kim Min Jung/Ha Jung Eun dan Kim Ha Na/Jung Kyung Eun dari Korea.

Asosiasi Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) memutuskan untuk mencabut banding. Sementara itu permohonan banding dari tim Korea sudah ditolak oleh Ketua Komite Banding BWF. Jadi keputusan yang sudah diambil pagi ini tetap berlaku,”  ujar Thomas Lund, COO BWF, dalam suatu konferensi pers.

Lund juga menambahkan bahwa sanksi ini hanya berlaku untuk pertandingan di Olimpiade, sehingga atlet tetap bisa bermain di turnamen berikutnya.

Sementara itu Chief de Mission Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir mengatakan akan bertanggungjawab dan tidak akan memberikan sanksi kepada atlet. Karena menurutnya, posisi atlet justru bisa dibilang sebagai korban dari sistem pertandingan.

Kami menghargai keputusan BWF serta IOC. Kami harapkan BWF dapat meninjau ulang format permainan sehingga hal seperti ini tidak terjadi lagi kedepannya,” kata Erick.

Posisi keempat pasangan tersebut digantikan oleh Michelle Claire Edwards/Annari Viljoen (Afrika Selatan), Valeri Sorokina/Nina Vislova (Rusia), Alex Bruce/Michelle Li (Kanada) dan Leanne Choo/Renuga Veeran (Australia). Mereka adalah pasangan yang berada di posisi tiga dan empat di grup A dan C. (Nafielah, foto: Tribun)

One thought on “Cabut Banding, Indonesia Dukung Perbaikan Sistem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s