Axiata Cup, “Liga Champion” Bulutangkis

“Axiata Cup ini bisa menjadi Liga Championnya bulutangkis” ujar Chandra Wijaya dalam komentarnya untuk Axiata Cup 2012, Jumat (22/3), di ANTV.

Axiata Cup 2012 merupakan kejuaraan beregu di Asia Tenggara pertama dengan format 2 nomor tunggal dan 1 nomor ganda. Selain itu, turnamen ini menggunakan format baru, kandang dan tandang yang merupakan format pertama dalam dunia bulu tangkis.

Turnamen yang hanya mempertandingkan nomor putra ini dibagi ke dalam dua grup, masing-masing grup akan bertanding di Jakarta dan Kuala Lumpur. Rencananya Axiata Cup pertama ini akan diikuti oleh 8 tim dari 6 negara peserta, yaitu , Indonesia (2 tim),  Malaysia (2 tim), Thailand, Singapura, Vietnam dan Filipina.

Untuk negara-negara yang akan bertanding di Jakarta yaitu, Indonesia Garuda, Malaysia Leopards, Vietnam, dan Singapura. Sedangkan untuk grup yang akan bertandingan di Kuala Lumpur yaitu Malaysia Tiger, Indonesia Rajawali, FIlipina, dan Thailand.

Turnamen ini digagas oleh salah satu grup perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia, yaitu Axiata Group, dan menawarkan hadiah senilai 1 juta dolar AS. Axiata Cup 2012 sesuai dengan rencana akan dilaksanakan setiap tahun.

Turnamen yang akan berlangsung selama 4 minggu ini, dimulai 23 Maret di Kuala Lumpur, Malaysia dan Jakarta, Indonesia. Di Indonesia akan diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan dan Sport Mall Kelapa gading, sedangkan Malaysia menyelenggarakan di Stadium Badminton Cheras Kuala Lumpur. Acara final akan diselenggarakan pada 13 April di negara asal tim pemenang.

Beberapa atlet peringkat atas dunia juga direncanakan akan turut meramaikan, seperti Lee Chong Wei dari Malaysia, Taufik Hidayat, Simon Santoso, Boonsak Ponsana dari Tahiland dan masih banyak lagi.

Indonesia sendiri mengeluarkan tim terbaik pada Indonesia Garuda, dengan menurunkan Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Bona Septano, Mohammad Ahsan, Markis Kido, Hendra Setiawan.

Tim Rajawali terdiri dari Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Shesar Hiren Rhustavito, Alvent Yulianto Chandra, Hendra Aprida Gunawan dan Angga Pratama, Rian Agung Saputra.

Selamat berjuang tim Indonesia! Kepakkan sayap Garuda dan Rajawali dengan indah! (Nafielah/ dbs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s