Asian Games XVI: Kido/Hendra Pertahankan Tradisi Emas

ASIAN GAMES XVI: Markis Kido/Hendra Setiawan bertemu dengan ganda nomor satu dunia asal Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, dalam final Asian Games XVI,Sabtu (20/11) di Guangzhou, China.

Game pertama berjalan dengan ketat, terjadi kejar-mengejar dalam perebutan poin. Namun pada angka 16, pasangan Indonesia harus terhenti. Malaysia memimpin di game pertama dengan 20-16.

Pada game kedua, Kido/Hendra melakukan beberapa gerakan yang terburu-buru, sehingga harus menyumbang poin karena kesalahannya untuk Koo/Tan. Koo/Tan menunjukkan peningkatan permainan yang terus menekan Kido/Hendra. Paruh pertama game kedua dimenangkan oleh Malaysia, 11-9.

Kido/Hendra pun mencoba melakukan penyerangan, sehingga poin berbalik menjadi 14-13 untuk Indonesia. Poin terus saling mengejar, pada angka 18-18, pemain Indonesia mulai menunjukkan kebolehannya. Game poin untuk Indonesia 20-18.

Tapi ternyata pasangan Malaysia tidak mau diam begitu saja. Malaysia mengejar 20-20. Smash Kido kemudian merebut angka 21-20, namun kembali disusul menjadi 21-21. Permainan semakin memanas, Indonesia game poin 22-21.

Kido tampak tidak bisa menahan emosi dengan membanting raketnya, saat kedudukan kembali berimbang 22-22. Malaysia kini memimpin dengan 23-22. Permainan ketat kembali diperlihatkan, 23-23. Permainan semakin menegangkan saat Indonesia merebut game poin 25-24. Hingga akhirnya game kedua dimenangkan oleh Indonesia 26-24.

Paruh pertama game ketiga dipimpin oleh Indonesia setelah jumping smash Kido yang tidak bisa dikembalikan oleh pasangan Malaysia. Kesalahan Indonesia semakin berkurang, berkebalikan dengan Malaysia yang berulang kali melakukan kesalahan saat smash.

Paruh kedua game ketiga Malaysia sempat berusaha merebut dua angka, namun pasangan Indonesia tidak mau kehilangan peluang dengan memimpin 4 angka 13-9. Jumping smash yang indah dari Kido/Hendra terus merebut angka yang cukup jauh.

Setelah sempat meninggalkan cukup jauh, konsentrasi Kido/Hendra mulai terganggu sehingga Koo/Tan mengejar menjadi 13-15. Kedudukan berbalik, Koo/Tan memimpin 17-16 karena beberapa kesalahan kecil dari pasangan Indonesia.

Game ketiga kembali menyajikan drama pertandingan yang sengit. Poin 19-19 ditinggalkan Indonesia dengan merebut angka, game poin untuk Indonesia 20-19. Namun kemenangan akhirnya berhasil direbut dengan angka 21-19 untuk Indonesia.

Sebelumnya pada semifinal Koo/Tan telah mengalahkan Muhammad Ahsan/Alvent Yulianto Chandra, sehingga final dengan all Indonesia yang diharapkan tidak bisa berlangsung. Sementara Kido/Hendra mengalahkan pasangan Korea Selatan, Lee Yong Dae/ Jung Jae Sung.

Malaysia harus mengakui kehebatan Indonesia atas kemenangannya pada game ini, dengan skor 16-20, 26-24 dan 21-19. Dengan demikian Indonesia kembali meraih medali emas pada pertandingan kali ini.

One thought on “Asian Games XVI: Kido/Hendra Pertahankan Tradisi Emas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s