Shattered Glass

(google.com)

Film ini bercerita tentang Stephen Glass (Hayden Christensen), seorang jurnalis majalah bergengsi di Amerika, The New Republic. Sekedar informasi, The New Republic merupakan bacaan di pesawat kepresidenan. Glass terkenal sebagai salah seorang jurnalis yang handal dan dapat mengungkapkan berita menarik yang sulit ditemukan oleh jurnalis lainnya. Perjalanan karier cukup baik.

Teknik investigasi yang dilakukan Glass sering kali eksklusif dan majalah lain tidak banyak memuatnya. Glass juga menjadi penulis paruh waktu di majalah Rolling Stone, Harper’s and George.

Hingga pada suatu saat Glass menulis artikel mengenai hacker muda, judul artikelnya Hack Heaven. Artikel tersebut lolos dari editor dan naik cetak. Disaat yang sama, redaktur majalah online Forbes memarahi reporternya, karena tidak meliput berita penting dan menarik seperti yang dilakukan Glass. Namun ternyata majalah Forbes, Adam L. Penenberg, berhasil membuktikan bahwa artikel tersebut fiktif.

Charles Lane (Peter Sarsgaard) sebagai editor merasa terpukul ketika artikel yang ada di majalahnya dikatakan fiktif. Chuck, begitu ia biasa dipanggil, kemudian melakukan penyelidikan sendiri ke lapangan. Ia mencek semua tempat yang dituliskan sebagai lokasi pertemuan dan sebagainya. Ia juga bertanya ke orang-orang sekitar lokasi.

Sedikit demi sedikit, Chuck menemukan fakta bahwa artikel Glass adalah fiktif. Namun, awalnya Chuck tidak didukung oleh para reporter lama yang ada di The New Republic. Soalnya Chuck merupakan editor baru yang menggantikan Michael  Kelly, yang dipecat secara tiba-tiba. Padahal Michael sangat dekat dengan seluruh rekan kerjanya di The New Republic.

Sementara itu, Glass yang takut ketahuan mulai melakukan usaha untuk mempertahankan diri dan meyakinkan banyak orang tentang artikelnya. Ia membuat saluran telepon palsu, website, nama kontak dan data-data palsu. Namun pada akhirnya Glass ga bisa berkelit lagi.

Setelah dicek, ternyata 27 dari 41 tulisannya di The New Republic merupakan hasil karangannya. Wah, imajinatif sekali ya. Coba kalau dialihkan untuk menulis novel, pasti Glass ga harus kehilangan kerjaannya. Adam L. Penenberg kemudian memuat tulisan tentang cerita khayalan Glass, dan The New Republic menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat luas.

Glass melakukan hal itu untuk membuktikan eksistensinya, karena selama ini orang tua Glass menuntutnya menjadi seorang dokter atau pengacara. Akhirnya Glass harus kehilangan karier cemerlang yang selama ini ia bangun, dan ia pun memilih untuk kuliah lagi dan mempelajari ilmu hukum.

Film ini bagus untuk ditonton banyak orang, utamanya jurnalis. Karena budaya copy-paste atau bahkan sumber “khayalan” bukan ga mungkin menggoda kita. Padahal kegiatan yang kaya gitu merupakan HARAM, harga mati di bidang jurnalistik. Shattered Glass diangkat dari sebuah kisah nyata. Artinya, fenomena narasumber “khayalan” itu benar terjadi.

Ini adalah artikel yang ditulis Adam L. Penenberg, baca.

Ada dua hal menarik dalam film ini. Pertama, sisi gelap kehidupan jurnalis yang mungkin juga terjadi di dekat kita, media massa Indonesia. Kedua, kegigihan editor untuk membuktikan kevalidan tulisan, meskipun pada akhirnya ia harus menerima kenyataan pahit tentang penulisnya.

Gw menyarankan untuk menonton film ini, cocok untuk pelajaran semua umur. Bagus. Sangat bermakna, menggugah, menohok, bahkan menampar dunia jurnalistik (Hehe, agak berlebayan). Just watch it!!

b^^d (two thumbs up)

2 thoughts on “Shattered Glass

  1. Yup. Dosen ku aja di sini menyarangkan buat nonton film ini. And anyway, Stephen Glass became an author right now. Novelnya berjudul The Fabulist which talked about what he did before.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s