Meliput Banjir di Baleendah

Hemm, hari ini gw dan teman-teman meliput daerah banjir di Bandung Selatan. Rencana awalnya, kita mau ngeliput ke longsor di Ciwidey.

Cuma berhubung ga bisa naek mobil ke sana (medannya berat katanya), jadi kita bagi jadi 2 tim. Nuga, Bonte dan Aglar naek motor ke Ciwidey. Gw, Chaca, Arni sama Medi naek angkot ke Baleendah, kabupaten Bandung Selatan.

Kita bikin berita live report dan kesalahan terbesar adalah GW REPORTERnya.

Hhhh, biasanya di setiap program yang kami garap, gw jadi program directornya. Jiirrr, gw paling benci jadi orang di depan layar. Dan terbuktiiii.. kita harus berulang-ulang take. Hahaha.

Sebenernya mungkin bisa aja gw santai. Cuma, kedaleman banjirnya itu loohh, 2,5 meter. Gw live report dari atas perahu kayu ringkih gitu. Makin ketar-ketir lah gw, takut nyemplung.

Banjirnya warna coklat butek, lumpur bercampur sampah. Kita udah kaya pake kaos kaki coklat selutut. Aaiisshhhh, jingkreng banget dah.

Tapi akhirnya beres juga reportase kita. Huraaayyy. Terima kasih teman-teman, sudah sabar. Haha.

Foto-fotonya belom dipindahin, jadi belom bisa gw aplot. Ntar dah kapan-kapan.πŸ˜€

Di-KADALIN tukang Angkot

Pas pulang nya dooong. Ribet gitu nyari mobilnya, angkot lebih tepatnya. Hihi.

Singkat cerita kita naik sebuah angkot jurusan Dayeuh kolot-Buah batu apa kalo ga salah. Udah mulai santei tuh kita. Ehh, tiba-tiba tukang angkotnya bilang, “Daerah Buah batu macet banget neng. Soalnya banjir..” katanya.

Kita bingung. Perasaan tadi pas berangkat kita lewat Buah batu dan aman-aman aja tuh.

Tukang angkot tetep ngotot. “Beneran neng, A’. Barusan kan hujan. Airnya naik lagi”. (Sebenernya dia ngomong pake bahasa Sunda, cuma gw ga inget secara keseluruhan. Kira-kira gitu laah)

“Masa sih pak?” tanya Medi dengan bahasa Sunda juga.

“Iya, dari jam 1 tadi, a’. Airnya naik lagi” (pake bahasa Sunda).

Kita ga percaya. Trus si tukang angkot, mulai berakting. Pas ada motor yang mau ke arah Buah batu, dia bilang, “Banjir a’, dari jam setengah 1 tadi. Gabisa lewat sana”.

Trus dia ketemu angkot lain. Tukang angkot yang gw naekin pun teriak, “Gabisa lewat sana sep, banjir dari jam 12 tadi..”.

Trus dia ngomong ke kita. “Charter aja gimana neng? Ntar dicariin jalan yang ga banjir” katanya.

“Emang berapa mang?”

“75 ribu”

Ett daahh. Mahal bener. Mendingan kita naek taksi. (Sayangnya di sana kaga ada taksi).

“Waahh, mahal banget mang? Kita mana punya duit”

“Yahh, ntar juga kan dapat uang transport”

“Dari mana mang?”

“Dari bos-nya atuh”

Jiaahhh, kita disangka dari kantor mana kali yaak? Mentang-mentang kita nenteng kamera profesional dengan segala perlengkapannya.

“Kita mahasiswa mang..”

Hahhh, dia mau meres kita kayanya. Gelagatnya udah mulai aneh-aneh dan sedikit maksa ga jelas gitu. Setelah perdebatan alot, akhirnya kita mutusin. Turun di sini aja deh. Tau mau naek angkot apa.

Untungnya kita menemukan sebuah angkot yang kita kenalin jurusannya. Oke. Langsung naek.

Iseng-iseng kita nanya ke abang angkot yag baru. “Pak emang nya di Buah batu ada banjir gede yaa?”

“Ga neng, lancar-lancar aja kok. Kan hujan nya baru sebentar, jadi ga sampe banjir, yang banjir mah di Baleendah (tempat kita liputan tadi)” kata abangnya.

Whahahaha. Mau nipu tuh si tukang angkot yang tadi.

Dia kaga tau apa ya lagi berusaha nipu orang komunikasi. Dari pernyataannya aja udah kaga konsisten.

Banjir dari jam 1. Trus berubah jadi setengah 1. Eh berubah lagi dari jam 12. Udah gitu eye contact nya juga meragukan. Dan segudang analisa gw yang sotoy tentang tukang angkot itu. (Bodo’ lah, yang penting bener tebakan gw. Doi mau nipu. Hahaha. Maap yaa, mang)

Makan tuh tipuan, kita ga percaya tuh. Hahaha

(Puas sendiri gitu gw rasanya)

Heeemm, liputan kita hari ini seruuu.

Hikmah dari hari ini adalah, Alhamdulillah, Allah masih memberi kemudahan bagi gw dan orang-orang di sekitar gw dengan tidak diberikan cobaan banjir.

Gw ga ngebayangin, susahnya penderitaan mereka. Banjir satu bulan lamanya, dan ketinggiannya pernah mencapai atap rumah mereka. Iyaaa, rumah mereka kerendam habis.

Yaa Allah, semoga mereka yang kena musibah bisa dimudahkan. Amiinn.

Semangat untuk liputan berikutnyaaa!!!

Pray for usπŸ™‚πŸ™‚

Leave a Reply

