BAKAU FOR YOU AND FOR ME (part 1)

Juara 2, Lomba Karya Tulis Penulisan Feature Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran kampus Bandung

Oleh Nafielah Mahmudah

tanaman mangrove (foto: google.com)

Awal Maret tahun ini, saya awali dengan mengikuti acara pertama gagasan sekelompok mahasiswa jurusan Manajemen Komunikasi, Fikom UNPAD Bandung, yaitu penanaman bakau untuk lingkungan. Untuk mengikuti acara ini, saya dan teman-teman yang berminat, diminta untuk membayar sejumlah enam puluh ribu rupiah. Dengan itu kami akan memperoleh fasilitas transportasi pergi-pulang, konsumsi, t-shirt partisipan, dan tentunya bibit bakau yang nantinya akan kami tanam. Penanaman bakau ini sendiri akan dilaksanakan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Perjalanan kami mulai kira-kira jam delapan pagi, dari Bandung menuju Jakarta. Sepanjang perjalanan saya mengamati pertumbuhan pembangunan yang cukup pesat di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Beberapa industri dan gedung perkantoran menghiasi area sepanjang jalan. Pembangunan besar-besaran tersebut tidak didasari pertimbangan semakin menyempitnya wilayah resapan air. Sehingga berbagai bencana pun tak terelakkan. Pembangunan yang mengatas namakan peningkatan ekonomi. Yang ternyata hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas. Dan banyak menyulut terjadinya bencana alam.

Kami pun tiba di tempat tujuan sekitar tiga jam setelahnya. Ironisnya, beberapa meter sebelum kami tiba, kami justru disambut oleh sebuah perumahan elit yang tentunya dibangun atas dasar kepentingan ekonomi saja, dan dengan tanpa memikirkan lebih jauh dampak negatif yang timbul di lingkungan sekitarnya. Terbukti dengan fenomena yang belum lama ini terjadi, yaitu terendamnya jalan tol disekitar salah satunya yang arah menuju bandara Soekarno-Hatta. Dari satu kasus tersebut saja, sudah banyak kerugian yang terjadi, seperti terhambatnya jadwal penerbangan tanah air, dengan demikian kegiatan ekonomi pun ikut terhambat, pemerintah dan masyarakat menanggung kerugian yang tidak sedikit. Untuk biaya ganti rugi maupun perbaikan jalan yang rusak akibat banjir.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk terletak di dekat pesisir pantai. Mengetahui hal ini, terjawab satu pertanyaan yang diawal tadi bergelayut dipikiran saya. Mengapa tanaman bakau yang dipilih. Yaitu untuk mencegah terjadinya abrasi. Disini kami disambut oleh pengelola Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini. Dari luar saja, saya sudah menangkap ambisi wanita paruh baya tersebut untuk memelihara alam.

Terus terang saat itu saya baru mengetahui bahwa ternyata setiap tahun sekitar sepuluh sampai lima belas meter wilayah daratan terkikis akibat abrasi. Untuk itulah mangrove dibudidayakan agar ombak yang ada dapat tertahan, sehingga memperkecil kemungkinan terkena abrasi. Di tempat ini terdapat tanaman bakau jenis bakau api-api yang memiliki akar yang mencuat ke atas, tanaman bakau biasa, dsb.

Sebelum memulai penanaman bakau, kami dibawa berkeliling di daerah tersebut, yang luasnya sekitar 99,8 hektar. Dua tahun sebelumnya, kira-kira 50% wilayah dari lahan yang ada telah tertanam. Namun, ada saja oknum yang dengan sengaja melakukan berbagai perusakan. Sengaja maupun tidak. Sehingga, diadakan penanaman kembali pada wilayah yang rusak. Selain itu kami juga diperlihatkan tumpukan sampah yang menggunung, yang terdampar terbawa arus laut. Mangrove memang memiliki berbagai macam kegunaan selain sebagai pencegah abrasi. Mangrove dapat digunakan sebagai bahan dasar dari kosmetik, obat-obatan, penghisap racun yang berada dilaut, dsb. Rencana Tuhan memanglah sangat adil dan indah. Ketika terdapat banyak kerusakan dan polusi yang dihasilkan oleh ulah manusia, Tuhan telah memberikan salah satu pemecahnya. Yaitu bakau sebagai penghisap racun. Contoh lain manfaat tanaman bakau yang kita ketahui kasusnya yaitu kasus terselamatkannya reporter Trans 7 saat perahu yang mereka tumpangi tenggelam. Yang saat itu tersangkut oleh tanaman bakau.

(to be continue..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s