Rumah Belajar (Rumbel) Ciroyom

Beberapa hari yang lalu dapet kesempatan buat berkunjung ke Rumah Belajar Ciroyom, seneng deh bisa ketemu dan ngobrol-ngobrol sama mereka. Gw dateng bareng Kantry.

Kita getting buat tugas,

Denger cerita dari temen-temen di sana gw ngerasa, wuiihh, berat yaa hidupnya. Bersyukur banget punya keluarga gw yang sekarang.

Mereka ada yang diusir keluarga, ada yang nyasar dari Jakarta ke Bandung trus pas balik ga diterima lagi. Ada yang ga begitu pintar di sekolah, trus karna malu, doi kabur dari rumah dan berhenti sekolah.

Beruntung ada kakak-kakak yang baik hati (hehehe..) Mereka rata-rata mahasiswa dari Upi, ITB, Unpad, Unisba, dan lain lain. Sekitar seminggu 3x mereka datang dan mengajar adik-adik di rumbel itu. Pelajarannya macem-macem. Ada menulis, berhitung, menggambar, bahkan hingga menciptakan lagu. Semuanya disesuain sama keahlian kakak-kakak pengajar.

Pas ngobrol sama mereka baik-baik semua loh anaknya. Meskipun tampilannya masih tampak “liar”.  Dan mereka semua masih ngelem. Ngisep lem aibon. Kata kakak-kakak pembimbingnya, mereka kalo udah bermenit-menit ngelem, cara ngomongnya udah ngalor-ngidul. Teler. Mabok.

Tapi sejak mereka ikut gabung di rumbel, intensitas mereka ngelem udah lumayan berkurang. Mereka seru-seru loohh.

"metaaal..." hehehe
Kantry dan temen-temen rumbel
gw dan temen-temen di rumbel Ciroyom

Sekali kesana, gw jadi pengen maen kesana terus. Tapi belom sempet lagi sih,

Oh iyaa, kadang mereka nginep di sana terus loh. Kondisinya menurut gw ga layak banget. Ga ngebayangin kalo itu gw yang jalanin. hemm..

ini tempat tidur mereka

Ga pake pintu, cuma ditutup sama sarung doang. Di atas tempat tidur yang cewek, sedangkan yang di bawah itu buat yang cowok. Segitu kecilnya dipake untuk tidur bareng-bareng, 5-6 orang. Dempet-dempetan. waaah..

So, buat lo pada yang penasaran sama kondisi di sana, pengen ngajar juga mungkin, atau pengen ngasih apaa.. gitu ke temen-temen rumbel,

dateng aja langsung ke sana. Tempatnya di dalam Pasar Ciroyom. Mereka welcome banget kok. Dan malah bilang, kalo dateng bawa banyak ya kakak-kakak yang baruu.. Hehehe.

Ayo, ayo, ayo!!

Saatnya kita lebih kongkrit, terjun langsung ke tengah masyarakat.

Semangat..!!  ^^

2 thoughts on “Rumah Belajar (Rumbel) Ciroyom

  1. ahai..

    yup bener banget. Rubel ciroyom, itu fenomena nyata tentang pendidikan ” bawah tanah ” di Indonesia. Di mana katanya Pendidikan menjadi prioritas pemimpin bangsa ini, mulai dari pendidikan gratis, pendidikan untuk semua, bla..bla..bla..bla..

    buktinya, pendidikan masih saja, menjadi prioritas utama dalam evaluasi kinerja pemerintah saat ini.

    memang sih, mewujudkan pendidikan yang ideal itu harus ada gotong royong antara pemangku kekuasaan dan masyarakat. nah rumbel ciroyom ini, adalah salah satu bentuk kecil partispasi berbagai elemen masyarakat demi mewujudkan pendidikan yang ideal. walaupun memang tidak akan pernah se-ideal harapan manusia.

    Go Haiayah..!!
    pendidikan Indonesia..!!

    1. rumbel ini sebenernya cerminan tingginya keinginan belajar di tengah masyarakat, namun masih minim nya perhatian pemerintah.
      kita ga punya banyak waktu,
      so guys, just do it!
      kalo cuma ngarepin pihak-pihak berwenang bakalan lama banget.

      saatnya kita yang terjun langsung ke tengah masyarakat.
      ranah yang lebih kongkrit.
      ^^

      Semangat untuk Negeri..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s