Efek Pemberitaan Aliran Sesat

Dimuat di majalah Suara Hidayatullah, edisi 02/XX/ Juni 2008 

            Hiruk pikuk pemberitaan media massa mengenai berbagai kasus aliran sesat di Indonesia, berdampak serius terhadap generasi muda. Ulasan mendalam mengenai kasus Ahmadiyah, Lia Eden hingga Moshadeq yang mengaku sebagai nabi menuai berbagai respon. Positif dan negatif. Sebagian masyarakat menyambut baik pengusutan kasus tersebut secara tuntas.

            Namun ternyata dibalik semua itu, pemberitaan tersebut membekaskan trauma pada generasi Islam. Saat ini, ketika para muda-mudi Islam tersebut diajak untuk mengkaji Islam secara baik dan mendalam, kebanyakan dari mereka mulai mengadakan penolakan. Mereka beralasan takut jika ternyata hal ini merupakan ajaran aliran sesat. Fenomena pemberitaan kasus aliran sesat mulai dijadikan alasan untuk menghindari kegiatan kajian Islam atau mentoring. Tanpa menilik lebih dalam, apakah memang itu yang mereka takutkan atau hanya dijadikan alasan untuk jauh dari kegiatan Islami, yang kerap kali dianggap tidak modern.

            Ironisnya, penolakan mereka didukung penuh oleh para orang tua mereka. Tak jarang dari mereka yang mengatakan bahwa mereka diwanti-wanti oleh para orang tua untuk menghindari kegiatan kajian Islam.

            Hal ini tentunya sangat disayangkan sekali. Seharusnya kita menggalang kekuatan untuk memberantas berbagai aliran sesat, namun ternyata kita tersandung oleh fakta yang terjadi di lingkungan generasi Islam.

            Jika kita takut atau pun ragu, kita bisa mengembalikannya pada pedoman utama ummat Islam, Al Qur’an dan hadist. Jika tidak sesuai, maka kita berkewajiban untuk mengabaikannya. Bukan dengan serta merta menolak semua kegiatan yang mengkaji Islam. Jadi, sebenarnya apa yang harus ditakutkan?

            Trauma aliran sesat ini membutuhkan perhatian khusus dari kita sebagai ummat muslim. Jangan sampai hal ini membuat kita terpecah belah. Sehingga keutuhan ummat Islam dan rasa haus kita akan kebenaran Islam tetap terjaga.

 

Nafielah M. Chusnul

Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Padjadjaran Bandung

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s